Standar Operasional Prosedur

SOP

Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja dengan biaya yang serendah-rendahnya

Aturan yang bersumber dari kesepakatan negara-negara di dunia yang kemudian diadopsi oleh negara-negara penandatangan konvensi, salah satunya adalah Indonesia. Dalam hukum hak cipta Indonesia, yaitu Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (“UUHC”), diatur mengenai bagaimana hak eksklusif yang dimiliki oleh Pencipta wajib mendapatkan perlindungan.

Sesuai dengan aturan pada Pasal 9 ayat (2), maka setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi sebagaimana disebutkan pada ayat (1), wajib mendapatkan izin Pencipta/Pemegang Hak Cipta. Internet Sharing maupun File Sharing, berpotensi melanggar hak cipta karena lebih sering dilakukan tanpa izin. Adanya penerbitan, penggandaan, pendistribusian, pengumuman, dalam proses internet/file sharing tanpa izin dari pencipta/pemegang hak cipta adalah pelanggaran hak cipta. Bahwasanya jika ingin menggunakan Presentasi di bawah ini Harus mencantumkan Nama Hak Cipta.

  1. SOP Subbag Perencanaan Program dan Anggaran
  2. SOP Subbag Evaluasi dan Pelaporan
  3. SOP Subbag Kepegawaian
  4. SOP Subbag Sistem Informasi  Pengawasan
  5. SOP Subbag Keuangan
  6. SOP Subbag Rumah Tangga
  7. SOP Subbag Inspektorat

 

Download SOP