Workshop Penyusunan Revisi Pedoman Reviu Laporan Keuangan di Lingkungan Kemenristekdikti

28-10-19 Syafira Dwi Herliana 0 comment

Webp.net-resizeimage - 2019-10-28T102808.415

Bogor, 24 Oktober 2019. Dalam rangka penyusunan revisi pedoman reviu laporan keuangan di lingkungan Kemenristekdikti dengan target memiliki pedoman kerja reviu yang efektif dan efisien, Inspektorat Jenderal menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Revisi Pedoman Reviu Laporan Keuangan di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari Universitas Padjajaran, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Siliwangi, LLDIKTI Wilayah III dan LLDIKTI Wilayah IV beserta Pimpinan/ Pejabat Struktural, Auditor dan Staf di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti. Pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Hotel Padjadjaran Suite Resort & Convention, Jl. Bogor Inner Ringroad Lot XIX C-2 No 17, Mulyaharja, Bogor dan dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 24 Oktober sampai dengan 26 Oktober 2019.

Webp.net-resizeimage - 2019-10-28T102633.006

Kegiatan dibuka oleh Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., M.M., CA. selaku Plt. Inspektur Jenderal Kemenristekdikti dengan moderator Adam Fuadi, Ak selaku Inspektur I sekaligus memberikan sambutan. Menurut beliau, baik dari Inspektorat Jenderal maupun SPI harus melakukan reviu lagi terhadap laporan keuangan penutup apabila terjadi perubahan organisasi. “Kita coba menyusun laporan keuangan per 31 desember 2019. Nanti akan ada laporan keuangan penutup utk serah terima ke organisasi baru, yaitu Kemendikbud dikti atau Kemenristek dan Badan Riset dan Inovasi Nasional.”

Salah satu titik kritis yang dapat diinput ke dalam pedoman reviu laporan keuangan ini yaitu perlu dilakukannya pembukuan atau pencatatan anggaran 2019 dan hutang piutang yang nantinya dapat menjadi beban kedepannya. “Sejak laporan keuangan itu mulai disusun kita seharusnya sudah mulai reviu, para SPI di satker perlu mendampingi para auditor dalam melakukan reviu. Estimasi dua bulan sampai laporan keuangan reviu itu terbit. Apabila hanya sekitar dua hari kita tidak dapat melihat salah saji, atau tidak dapat menganalisis dampak-dampak antara unsur-unsur laporan keuangan. Jadi perlu ditugaskan beberapa tim yang mereviu sejak awal. Rencana kedepannya akan dikirimkan surat edaran ke seluruh satker agar mulai melakukan reviu sejak penyusunan.” jelas beliau.

Webp.net-resizeimage - 2019-10-28T102957.834

Maksud dan tujuan dilaksanakanya kegiatan Workshop ini untuk menjadi sarana diskusi terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul dalam proses Reviu Laporan Keuangan; dan menjadi sarana penyusunan Revisi Pedoman Reviu Laporan Keuangan sehingga memiliki output yang akuntabel. Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini salah satunya membahas Pedoman reviu laporan keuangan, Format CHR, Program kerja reviu yang mencakup neraca, LO, Laporan CaLK, dan perubahan ekuitas. (MI/SDH/MFA)