Workshop Reviu Anggaran Tahun 2020 Berbasis Manajemen Risiko Terintegrasi Sirenang di Lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi

21-10-19 Firman - Sistem Informasi Pengawasan 0 comment

Webp.net-resizeimage

Bandung, 17 Oktober 2019 Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 200 tahun 2017 tentang Sistem Pengawasan Intern pada Badan Layanan Umum. Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti menyelenggarakan Workshop  Reviu Anggaran tahun 2020 yang berbasis Manajemen Risiko dan Terintegrasi Sirenang.

Kegiatan ini dihadiri oleh 74 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan lebih dari 200 orang peserta. Hadir pula Direktur Politeknik Negeri Bandung Dr. Ir Rachmad Imbang Tritjahjono, M.T dan Direktur Politeknik Manufaktur Negeri Bandung Bapak Dede Buchori Muslim, Dipl. Ing. HTL, M.T.

Kota Bandung adalah daerah yang disepakati dalam pelaksanaan workshop tersebut. Bertempat di Hotel Grand Aquila Jl. Dr. Djunjunan, Pasteur Bandung, kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 17-19 Oktober 2019.

Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., M.M (Plt. Inspektur Jenderal Kemenristekdikti) saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan ketua forum Satuan Pengawasan Intern (SPI) Perguruan Tinggi Negeri Dr. Witarsa, MS (Universitas Tanjungpura) atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Serta kepada seluruh peserta workshop yang sudah berkenan untuk ikut serta dalam kegiatan tersebut. Dalam sambutannya Plt. Inspektur Jenderal Kemenristekdikti menyampaikan bahwa ‘’ kebijakan Pak Menteri untuk mewujudkan harapan Presiden melakukan perencanaan anggaran menggunakan aplikasi, dan Kementerian yang pertama kali menggunakan aplikasi adalah Kemenristekdikti’’. Beliau juga menambahkan, dalam hal ini kita juga berterima kasih kepada teman-teman kita di Perencanaan karena sudah mewujudkannya. ‘’Saat ini kemajuan teknologi informasi semakin pesat, kita harus memanfaatkannya dengan baik ’’, tutup beliau.

Agenda utama dalam kegiatan ini yaitu Analisis Risiko Anggaran tahun 2020 dan Reviu Perencanaan Audit Berbasis Risiko. Beberapa materi yang disampaikan pada workshop  tersebut diantaranya, Simulasi Maturitas SPIP di PTN, Bimbingan Teknis Pengisian Maturitas SIPP di PTN, Diskusi Panel Hasil Maturitas SIPP di PTN, Reviu Peta Risiko PTN, Reviu Alokasi Anggaran.  (NR/MF)

Webp.net-resizeimage (1)Webp.net-resizeimage (2)