PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF): Innovations Without Limits

04-10-19 Syafira Dwi Herliana 0 comment

Webp.net-resizeimage - 2019-10-07T093932.490

Tangerang Selatan, 3 Oktober 2019. PUSPIPTEK Innovation Festival (PIF) merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) yang bertujuan untuk menampilkan karya-karya dan prestasi serta mendekatkan komunitas iptek dengan masyarakat sebagai pengguna akhir dari produk-produk itu sendiri.

Pada tahun ini PIF resmi digelar selama empat hari mulai dari Kamis, 3 Oktober 2019 sampai dengan Minggu, 6 Oktober 2019 dengan mengusung tema Innovations Without Limits: Perempuan Bicara Inovasi dan Perempuan yang Menginspirasi. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Sekertaris Jendral Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A., bersama Kepala PUSPIPTEK Dr. Ir. Sri Setiawati, M.A. dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie.

Webp.net-resizeimage - 2019-10-07T094532.204

Sekretaris Jenderal mengungkapkan bahwa PIF merupakan kegiatan untuk mengumpulkan ide, berbagi dan bertukar pengalaman tentang bagaimana sains, teknologi, dan inovasi dapat berkontribusi pada pembentukan komunitas cerdas dan mendorong generasi muda dan perempuan dalam iptek dan inovasi.

“Kami berharap masyarakat mengenal dan mencari tahu lebih lanjut tentang Puspiptek dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, mendorong antusiasme masyarakat umum, khususnya perempuan dan generasi muda, dalam sains, teknologi, inovasi dan kewirausahaan berbasis teknologi, meningkatkan kontribusi perempuan dan generasi muda dalam pengembangan iptek, dan inovasi,” tutur beliau.

Webp.net-resizeimage - 2019-10-07T095002.986

PIF 2019 yang terdiri dari Puspiptek Expo telah diikuti sebanyak 60 booth yang terdiri dari UMKM, Startup, maupun hasil penelitian pemerintah dan daerah. Kemudian ada seminar dan workshop, kompetisi inovasi, science demo, kegiatan mural dan explore Puspiptek.(MNFI/SDH/MF/FRA)