Kegiatan Gerak Jalan untuk Memperingati Hakteknas 2019, Mohamad Nasir: Generasi Muda Harus Berinovasi dalam Peningkatan Kontribusi Indonesia di Bidang Teknologi

26-08-19 Syafira Dwi Herliana 0 comment

Bali, 25 Agustus 2019. Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, atau yang disebut dengan Hakteknas diperingati pada tanggal 10 Agustus 2018. Rangkaian puncak perayaan Hakteknas diselenggarakan mulai tanggal 25 sampai dengan tanggal 28 Agustus 2019. Awal dari rangkaian puncak perayaan Hakteknas adalah Gerak Jalan Sehat yang turut di meriahkan oleh Menteri Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yaitu H. Mohamad Nasir dan Wakil Gubernur Bali yaitu Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati.
Kegiatan Gerak Jalan Sehat ini diadakan di Lapangan Puputan Renon, Denpasar mulai pukul 06:30 WITA. Diperkirakan terdapat sejumlah 15,500 peserta yang turut serta dalam Gerak Jalan Sehat, yang terdiri dari pegawai di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Pemerintah Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Bali, Universitas Udayana, Poltek Negeri Bali, ISI Denpasar, LLDikti Wilayah VIII, STIKOM, UNDIKSA, PEMDA dan masyarakat sekitar Denpasar.

Webp.net-resizeimage (91)
Menteri Ristekdikti dalam pidato sambutannya, berharap momen Hakteknas ini dapat menjadi ajang menumbuhkan minat generasi muda untuk meneliti dan berinovasi dalam peningkatan kontribusi Indonesia di bidang teknologi tingkat internasional. Sampai Agustus 2019, 2 unicorn Indonesia telah masuk dalam 20 besar Asia Tenggara. 2 Unicorn tersebut adalah Gojek dan Tokopedia. Gojek berhasil menempati peringkat 7, dan Tokopedia sukses berada di peringkat ke 11.

Selain Gerak Jalan Sehat, terdapat pameran Inovasi, Riset dan Teknologi yang menampilkan karya-karya teknologi dalam negeri yang berinovasi tinggi. Pameran tersebut menunjukkan bahwa banyak masyarakat Indoneisa terutama generasi muda yang mempunyai kemampuan berinovasi dalam teknologi. Diharapkan dengan adanya momen ini, masyarakat akan semakin bersemangat dan semakin tertarik untuk berkontribusi pada perkembangan revolusi industri 4.0.