Workshop Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Interenn Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) Tahun 2019

26-07-19 Syafira Dwi Herliana 0 comment

Webp.net-resizeimage (1)

Bandung, 26 Juli 2019. Inspektorat Jenderal Kementerian riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Universitas Pendidikan Indonesia melaksanakan kegiatan Workshop Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP) di Lingkungan Perguruan Tinggi Negeri (PTNBH). Tujuan dari kegiatan tersebut Untuk meningkatkan mutu hasil pengawasan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti serta dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelaksanaan internal, di lingkungan Inspektorat Jenderal Kementerian riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Acara dipimpin oleh Plt. Inspektur Jenderal Itjen Kemenristekdikti, Dr. Yusrial Bachtiar, Ak., MM. Dan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. H. Rd. Asep Kadarohman, M.Si.

Webp.net-resizeimage (2)

Kegiatan Workshop ini berupaya untuk mengarahkan organisasi dalam kondisi yang optimal untuk mencapai tujuannya. Model maturitas menggambarkan tahapan proses yang diyakini akan mengarahkan pada output dan outcome yang lebih baik. Tingkat maturitas penyelenggara engendalian interen pemerintah adalah tingkat kematangan kesempurnaan penyelenggaraan dalam mencapai tujuan pengendalian interen sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 60 tahun 2008. Penilaian maturitas SPI di PTN BH sepertinya menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan karena telah dicantumkan dalam Perjanjian Kinerja antara Rektor dan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan.

Target yang ditetapkan dalam perjanjian kinerja itu adalah tiga karena sejalan dengan perintah Bapak Presiden RI bahwa di tahun 2019 ini seluruh satuan kerja Kementerian Lembaga diminta untuk mendukung agar berada dilevel tiga. Ternyata di lingukan PTN BH hampir semuanya telah mengimplementasikan Sistem Pengendalian Interen akan tetapi sampai dengan kemarin belum ada yang menilai sampai level berapa yang telah diterapkan. Penilaian untuk tingkat Kementerian dilakukan oleh BPKP. Kemenristekdikti telah berada pada level tiga, untuk sebuah Kementerian yang baru sudah mampu mencapai level tiga sudah bagus menurut BPKP. BPKP bersedia untuk memberikan gambaran awal bagaimana BPKP melakukan penilaian terhadap SPIP.

Webp.net-resizeimage (3)

Untuk dimasing-masing satker yang akan menilai adalah Inspektorat Jenderal, agar terjadi persamaan persepsi antara PTN BH yang akan dikawal oleh SPI, SAI, dan KAI. SPI, SAI, dan KAI  akan melaksanakan fungsi pengendalian internal yang non akademik di PTN BH serta menjadi partner Inspektorat Jenderal dalam melakukan penilaian agar memperoleh persamaan persepsi apa yang akan dinilai. SPI, SAI, dan KAI yang akan melakukan pengendalian mandiri. Setelah itu hasil pengendalian mandiri akan dinilai oleh Inspektorat jenderal. Sehingga nilai yang diharapkan awal adalah kondisi yang sebenarnya ada. Sehingga akan diperoleh langkah-langkah apa yang harus diperbaiki untuk memperoleh implementasi SPI di satuan kerja masing-masing secara optimum. (SDH/FRA).