SOSIALISASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS KORUPSI (WBK) DAN WILAYAH BIROKRASI BERSIH MELAYANI (WBBM) DI LLDIKTI WILAYAH VIII

22-07-19 Syafira Dwi Herliana 0 comment

Webp.net-resizeimage (61)

Bali, 17 Juli 2019. Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti mengadakan kegiatan sosialisasi terkait pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM di LLDIKTI Wilayah VIII. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh para petinggi di LLDIKTI Wilayah VIII serta Tim Reformasi Birokrasi dan Tim Zona Integritas, selain itu kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua SPI, Anggota SPI dan para staff yang berada dilingkungan LLDIKTI wilayah VIII. Adapun rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Sekretaris Pelaksana LLDIKTI Wilayah VIII, dilanjutkan dengan Sambutan oleh Kepala LLDIKTI Wilayah VIII. Pemaparan materi mengenai Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM disampaikan oleh Kepala Bagian Perencanaan dan Pelaporan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Bapak Ferdy Fristyansjah. Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Piagam Pencanangan Zona Integritas oleh Kepala Bagian Keuangan dan Umum Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, Bapak Satria El Karimun kepada Kepala LLDIKTI Wilayah VIII. Pemaparan selanjutnya terkait dengan pengisian Lembar Kerja Evaluasi Zona Integritas menuju WBK dan WBBM oleh tim Inspektorat Jenderal.

Kegiatan zona integritas sendiri sudah berjalan di LLDIKTI Wilayah VIII, hal tersebut dapat dibuktikan dengan telah dilakukannya Sosialisasi Zona Integritas melalui beberapa media. Sedangkan Reformasi birokrasi telah dilakukan sejak di keluarkannya Impres tentang Roadmap Reformasi Birokrasi Tahun 2010, yang menitik beratkan bahwa reformasi birokrasi berada di pemerintah pusat karena penilaian dilakukan oleh Menpan terkait reformasi birokrasi. Reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian dikeluhkan tidak pernah menyentuh ke unit terkecil yaitu eselon III ke bawah dan penilaian belum pernah sampai ke LLDIKTI Wilayah VIII, namun dengan adanya zona integritas, penilaian akhirnya sampai ke LLDIKTI Wilayah VIII.

Pembangunan zona integritas sendiri merupakan bagian dari reformasi birokrasi dalam area penguatan pengawasan. Reformasi birokrasi terdiri dari 8 area dimana diantaranya adalah area penguatan pengawasan. Pada area penguatan pengawasan ada 7 subkompenen dimana diantaranya adalah pembangunan zona integritas. Tahun 2016 belum ada satker yang dicanangkan namun pada 2018 telah kita usulkan termasuk dengan LLDIKTI Wilayah VIII. Reformasi birokrasi merupakan langkah awal sedangkan zona integritas adalah langkah konkret dari pelaksanaan reformasi birokrasi. Kemenristekdikti telah melakukan beberapa kali pengusulan pencanangan zona integritas namun semua satker yang di usulkan belum memenuhi predikat WBK dan WBBM.

Menurut Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, “Sejak tahun 2014 telah dilakukan berbagai macam terobosan, alhamdulillah penilaian dari eksternal, kami mendapat apresiasi dari Ditjen Perbendaharaan Bali karena 3 tahun berturut-turut menjadi yang terbaik. Terhadap berbagai pertanggungjawaban pelayanan, LLDIKTI Wilayah VIII telah memiliki unit layanan terpadu sejak tahun 2017 dan sudah berjalan selama 2,5 tahun sehingga seluruh pelayanan tidak lagi dengan orang yang berkepentingan langsung melainkan melalui unit layanan terpadu. Kami juga sudah menghimbau kepada semuanya untuk tidak membawa apapun ke dalam LLDIKTI Wilayah VIII melainkan hanya ucapan terimakasih saja.”