Persiapan Reviu Atas Hasil Inventarisasi Dan Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) Di Kemenristekdikti Tahun 2019

15-05-19 Firdaus R Akbar 0 comment

Bekasi, 15 Mei 2019. Dalam rangka memberikan gambaran (guidance) mengenai kegiatan Inventarisasi dan Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN), Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi mengenai persiapan reviu yang diadakan di Hotel Horison, Bekasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Bapak Dr. Yusrial Bachtiar., Ak., MM. Bapak Yusrial menyampaikan bahwa kegiatan Reviu Atas Hasil Inventarisasi dan Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) di Kemenristekdikti seharusnya dilakukan 4 (empat) tahun lalu pada tahun 2015.

Peran Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti pada saat itu seharusnya dapat mendorong inventarisasi dan penilaian kembali Barang Milik Negara (BMN). Alasan tidak dilakukan pada tahun 2015 adalah karena pada saat itu Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti hanya mempunyai 4 orang staf.

Pedoman dalam kegiatan Penilaian Kembali BMN sendiri diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2017 tentang Penilaian Kembali Barang Milik Negara/Daerah serta secara teknis dijabarkan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 111/PMK.06/2017 tentang Penilaian Barang Milik Negara dan PMK Nomor 118/PMK.06/2017 tentang Pedoman Penilaian Kembali Barang Milik Negara.

Bapak Dr. Yusrial Bachtiar., Ak., MM. berharap melalui kegiatan Inventarisasi dan Penilaian Kembali ini kualitas pengelolaan BMN meningkat sehingga kualitas Laporan Keuangan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti dapat ditingkatkan dan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dapat dipertahankan.

Tujuan yang paling utama dari  kegiatan Reviu Inventarisasi dan Penilaian Kembali Barang Milik Negara (BMN) sendiri adalah mewujudkan tata kelola pemerintah khususnya terkait pengelolaan BMN yang bersih, transparan dan akuntabel untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. (SDH/FRA)