Pengangkatan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil Tahun Penerimaan 2018

10-05-19 Firdaus R Akbar 0 comment

JAKARTA – Upacara Pengangkatan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi berlangsung lancar dan khidmat(10/5). Bertempat di Auditorium lantai 2 Gedung D Senayan Jakarta acara diawali dengan pembukaan dari MC lalu segenap peserta upacara menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya. Setalah itu acara dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ainun Na’im. Hadir pula pejabat struktural Eselon II dan III dari Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, rohaniwan, dan para saksi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan Tinggi mengambil sumpah 62 Pegawai Negeri Sipil Penerimaan Tahun 2018 di Lingkungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dari unit utama Inspektorat Jenderal dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan. Sebelum dilakukan pengambilan sumpah/janji jabatan, Sekjen menanyakan kesediaan kepada PNS yang mengangkat sumpah/janji dengan ucapan, “Sebelum saya mengambil sumpah, saya akan bertanya kepada saudara-saudara. Apakah saudara bersedia mengucapkan sumpah menurut agama masing-masing?”. Kemudian PNS yang akan dilantik menjawab dengan lantang dan kompak, “Bersedia”. Adapun isi sumpah/janji jabatan yaitu “Demi Allah, saya bersumpah: bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan mentaati segala peraturan perundang-undangan yang berlaku, akan melaksanakan tugas kedinasan yang dipercayakan pada saya, dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab. Bahwa saya akan terus menjunjung tinggi kehormatan Negara, pemerintah, dan martabat pegawai negeri sipil. Serta senantiasa mengutamakan kepentingan Negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang, atau golongan. Bahwa saya akan memegang sesuatu yang menurut sifatnya, atau menurut perintah harus saya rahasiakan. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan bersemangat untuk kepentingan Negara”. Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti mengambil sumpah jabatan dengan mengucapkan setiap kalimat dalam sumpah yang kemudian diikuti oleh PNS yang mengangkat sumpah/janji jabatan.

Dikutip dari sambutan Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, bahwa sumpah yang telah diucapkan membawa tanggung jawab diri dengan bangsa, menjaga pancasila dan UUD 1945 serta tanggung jawab untuk kesejahteraan rakyat. Sumpah selain disaksikan oleh diri sendiri dan para hadirin juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, penting untuk seluruh peserta memegang teguh sumpah yang telah diucapkan. Semoga para peserta Upacara Pengambilan Sumpah/Janji Pegawai Negeri Sipil Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi dapat mampu terus amanah, bekerja untuk kesejahteraan rakyat, mampu membantu mendorong teknologi untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, serta mengutamakan kepentingan Negara dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan. (NH/FRA)