Renstra Itjen

Kata Pengantar

Sebagai upaya untuk mengefektifkan dan mengarahkan sumberdaya Pengawasan Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dalam mewujudkan peran Itjen Kemeristekdikti sebagai Pengawal Kemristekdikti dalam membantu Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyukseskan pembangunan nasional serta untuk memenuhi kewajiban Itjen Kemeristekdikti dalam menyusun Rencana Strategis (Renstra) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan dan Penelaahan Renstra Kementerian/Lembaga Tahun 2015– 2019, Itjen Kemristekdikti menyusun Renstra. Renstra Tahun 2015–2019 Itjen Kemristekdikti ini merupakan dokumen perencanaan pengawasan periode 2015–2019 yang berisi visi yaitu keadaan umum yang diinginkan pada akhir tahun 2019 atau setelahnya, misi atau rumusan umum tentang upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi, strategi atau program-program indikatif untuk mencapai visi dan misi.

Visi Itjen Kemristekdikti sebagai “Terwujudnya Pengawasan Intern Yang Profesional Dan Berkualitas Untuk Mendorong Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Yang Bermutu Dan Berdaya Saing” merupakan kondisi impian yang diharapkan dapat mendorong seluruh pimpinan dan pegawai untuk melaksanakan setiap kegiatan pengawasan dengan professional dan berkualitas. Pengawasan dapat menghasilkan rekomendasi strategis, proses pelaksanaan pengawasan sesuai dengan standar profesi, kegiatan dukungan secara sinergis dan terintegrasi menghasilkan nilai tambah pada pengelolaan keuangan negara dan pembangunan nasional. Kualitas hasil dan proses tersebut diindikasikan oleh Tingkat Kapabilitas Itjen Kemristekdikti sebagai Aparat Pengawasan Intern Kemristekdikti berkelas dunia, yaitu paling tidak pada level 3.

Perumusan visi, misi, tujuan dan komponen lain dari Renstra ini telah melibatkan seluruh tingkatan pegawai dan pimpinan. Melibatan seluruh lapisan personel ini diharapkan dapat mengajak dan menyadarkan semua pegawai bahwa Renstra ini adalah milik bersama dan tanggung jawab bersama. Proses Perencanaan Strategis dalam menghasilkan Renstra ini antara lain dengan melibatkan pegawai struktural dan fungsional, Brainstorming Penyusunan Renstra, penyusunan scenario planning, pembahasan strategy map, hingga pembahasan rumusan dan alur logika visi, misi, sasaran strategi, tujuan hingga program dan kegiatan berikut indikator kinerja untuk komponen yang mewakilinya yaitu indikator kinerja untuk sasaran strategis (impact), sasaran program (outcome) dan sasaran kegiatan (output).

Perumusan indikator kinerja tersebut diperlukan sebagai dasar penetapan kinerja dan tolok ukur pencapaian misi dan tujuan organisasi. Namun demikian, upaya tersebut tidaklah cukup. Pemahaman dan penyesuaian oleh seluruh pihak akan dokumen perencanaan pengawasan ini, dengan kondisi keberpengawasan intern yang ada, masih merupakan keharusan agar Renstra ini dapat berfungsi dan bertumbuh sebagai dokumen yang hidup dalam dapat menggerakkan kegiatan pengawasan menuju visi Itjen Kemristekdikti. Semoga visi tersebut menjadi tantangan sekaligus leverage untuk bekerja meningkatkan kualitas pengawasan intern Itjen Kemristekdikti, yaitu bermanfaatnya output assurance dan output consultancy oleh Menteri dan Pejabat Eselon I dalam menyukseskan pembangunan Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk kesejahteraan rakyat.

Jakarta, November 2015

Inspektur Jenderal,

TTD

Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum

NIP. 19611108 198702 1001

Selengkapnya dapat di download melalui :

  1. RENSTRA ITJEN KEMENRISTEKDIKTI
  2. RENSTRA ITJEN KEMENRISTEKDIKTI