Buka Pelatihan CPNS, Inspektur Jenderal Menegaskan Jangan Menjadi Auditor Yang Mencari Kesalahan Saja

04-09-18 ilham hanif 0 comment

DSC09010

Jakarta, Pelatihan CPNS di lingkungan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti digelar. Mengusung tema “Penilaian Kompetensi Teknis Bidang Tugas Bagi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2017”, kegiatan ini dilaksanakan selama 6 hari, di Ruang Rapat Lantai 3 Gedung D Kemenristekdikti.

Hadir pada saat pembukaan Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Jamal Wiwoho, Sekretaris Inspektorat Jenderal Yusrial Bachtiar, Pejabat Eselon III & IV di lingkungan Itjen Kemenristekdikti, serta para CPNS yang hadir sebagai peserta Pelatihan ini. Pesan yang selalu disampaikan oleh Inspektur Jenderal dalam setiap mengawali kegiatan, yaitu mengingatkan kepada setiap pihak terutama Auditor dan Calon Auditor, untuk tidak menjadi “Pencari Kesalahan”. Beliau menegaskan bahwa fungsi utama Auditor adalah menjalani tugas pengawasan dengan memberikan solusi yang terbaik. “Jangan menjadi Auditor yang hanya sebagai watchdog, jangan hanya mencari kesalahan, tapi berikanlah solusi yang terbaik dari permasalahan yang ada”, tegas beliau.

Jamal Wiwoho menambahkan bahwa pengetahuan dasar maupun kemampuan akademik, belum cukup untuk menjadi seseorang yang profesional. Perlu adanya rasa Disiplin dalam diri masing-masing. “Pintar tapi tidak disiplin itu kurang baik, tapi kalau disiplin dan pintar juga, itu baru sangat baik”, ujar beliau.

Turut hadir sebagai pengisi materi Inspektur I Mohamad Hardi, Inspektur II Dadit Herdikiagung, dan Inspektur III Yohanes Indrayono. Nantinya peserta CPNS diharuskan untuk membuat penulisan berupa makalah.