Peringatan Hardiknas 2018,Menristekdikti: Hardiknas Merupakan Hari yang Penuh Makna, Inspirasi dan Motivasi dalam Memajukan Peradaban Nasional

02-05-18 Tri Nugro Susilo 0 comment

figure-1-taro

Bandung, 2 Mei 2018. Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melaksanakan Upacara Bendera untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional “Hardiknas” yang dilaksanakan di Lapangan Universitas Padjajaran Bandung, upacara bendera dimulai pada pukul 0.8.00. Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional 2018 kali ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengangkat tema “Membumikan Pendidikan Tinggi dan Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia” dengan tema Nasional yaitu “Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan”.
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi adalah salah satu Kementerian yang Bertugas dan Bertanggungjawab dalam memajukan Pendidikan Nasional di Indonesia khusus nya dalam Bidang Pendidikan Tinggi dimana Semua Perguruan Tinggi Baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta merupakan ujung tombak dari tugas Nasional tersebut .
figure-2-taro
Pada sambutannya Menristekdikti menyampaikan bahwa tanggal 2 Mei merupakan yang hari yang sangat penting dan penuh makna inspirasi dan motivasi dalam memajukan peradaban nasional melalui pengembangan sumberdaya manusia. Pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan salah satu cara sekaligus tujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa di Era Revolusi Industri 4.0. Salah satu cara dalam pengembangan Sumber Daya Manusia adalah dengan meningkatkan kualitas Pendidikan Tinggi yang ada di Indonesia, adalah sesuatu yang menjadi suatu keharusan bagi Seluruh bangsa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, berbagai cara/ metoda antara lain yaitu dengan meningkatkan kualitas pengajar yang ada di perguruan tinggi, meningkatkan kualitas Infrastruktur Pendukung Pendidikan Tinggi serta penguatan dalam bidang Riset dan Inovasi.
Salah satu kebijakan yang akan dilaksanakan terkait dengan peningkatan Infrastruktur Pendukung Pendidikan Tinggi adalah dengan penerapan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), di mana dalam waktu dekat Kemenristekdikti akan mengeluarkan Permenristekdikti untuk mendukung pelaksanaan program ini. Adapun salah satu implementasi dari kebijakan mengenai PJJ nantinya adalah pembangunan universitas siber (Cyber University). Selain masalah infrastruktur, masalah globalisasi merupakan sesuatu yang harus kita sikapi dan menjadi sesuatu yang mutlak terjadi sehingga peningkatan kualitas dan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia merupakan suatu keharusan.
di akhir sambutanya Menristekdikti mengatakan bahwa untuk menciptakan tujuan – tujuan tersebut kita semua seluruh bangsa Indonesia kita harus selalu berkerja sama , bergandengan tangan dan berkerja keras untuk mencapai seluruh tujuan – tujuan tersebut. (TNS/Itjen)