Pertemuan Forum Satuan Pengawas Internal PTN Indonesia ke-4 Tahun 2018

29-04-18 ilham hanif 0 comment

10

Batam, Forum Satuan Pengawas Internal PTN Indonesia mengadakan Pertemuan Forum yang ke-4 di Tahun 2018.  Ini menjadi kegiatan tahunan yang mempertemukan para anggota Satuan Pengawas Internal Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia. Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai dari tanggal 25-28 April 2018 yang berlokasi di Politeknik Negeri Batam. Tema utama yang diangkat yaitu “Optimalisasi Peran SPI dalam Mengawal Implementasi Manajemen Risiko di Perguruan Tinggi di Indonesia”.

Direktur Politeknik Negeri Batam Priyono Eko Sanyoto mengungkapkan bahwa Forum pada tahun 2018 ini sedikit berbeda dengan kegiatan Forum pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk pertama kalinya secara bersamaan Forum juga dilaksanakan seminar nasional forSPI 1st Conference 2018 yang dikemas dalam bentuk call for papers. “Dengan bangga pengurus Forum SPI dan Panitia Pelaksana bekerja sama dalam menggagas dan menyajikan untuk pertama kali kegiatan sharing knowledge dan experiece secara empirikal dan ilmiah melalui call of papers.” ujarnya.

Turut hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Jamal Wiwoho, Inspektur I Kemenristekdikti Mohamad Hardi, Inspektur II Dadit Herdikiagung, Deputi Pencegahan KPK, Sekretaris Utama BPKP Meidyah Indreswari, Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam dan PMK Ernadhi Sudharmanto, dan Kabag Perencanaan dan Pelaporan Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti Ferdy Fristyansjah.

Inspektur Jenderal Jamal Wiwoho memaparkan apa itu manajemen risiko di Perguruan Tinggi, bagaimana cara optimalisasinya dan implementasinya di bidang pengawasan. “Kita mulai dengan apa itu Risiko, terjadinya sesuatu yang tidak diharapkan, suatu ketidakpastian, dan suatu peluang yang hilang. Dan ini semua harus kita manajemenkan di setiap Perguruan Tinggi”, imbuh Pak Jamal.