Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI Atas Laporan Keuangan Kemeristekdikti Tahun 2017

14-02-18 Tri Nugro Susilo 0 comment

3

Jakarta – 13 Februari 2017 Badan Pemeriksaan  Keuangan RI ( BPK RI ) bersama dengan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  melakukan entry meeting atas pemeriksaan Laporan Keuangan Kemristekdikti tahun 2017. Kegiatan berlangsung di Kantor Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Gedung D Lantai 2. Acara dihadiri oleh Anggota III BPK  Achsanul Qasasi, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Natsir berserta jajaran pejabat di lingkungan Kemristekdikti.

Dalam sambutannya BPK menyampaikan pentingnya komunikasi dan koordinasi positif antara Kementerian dan Pihak BPK sehingga dapat menghasilkan pelaporan keuangan  yang akuntabel dan transparan, Semua permasalahan dapat disampaikan dan di diskusikan antara dua lembaga tersebut sebelum dilakukan pengambilan keputusan diharapkan siapapun yang akan mencoba mempolitisir dan mengkriminalisasi terhadap temuan BPK tidak akan bisa terjadi.

Tujuan utama dari BPK bukan temuan dan rekomendasi dari hasil pemeriksaan tetapi adalah tindak lanjut, Apabila tindak lanjut dibiarkan maka yang biasanya menindaklanjuti adalah penegak hukum. Sebelum jatuh ke pihak penegak hukum maka sebaiknya entitas segera menindaklanjuti, dan para auditor BPK harus concern terhadap tindak lanjut. “Jika ada rekomendasi BPK yang ternyata yang menurut auditee sudah tidak dapat lagi ditindaklanjuti, sehingga terus muncul di dalam temuan, saya usulkan ini segera diselesaikan dengan cara membuat berita acara dan dimasukan ke dalam kolom temuan yang tidak dapat ditindaklanjuti”.

Sementara itu, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyampaikan kepada seluruh peserta rapat akan pentingnya untuk selalu bersikap transparan dan akuntabel dalam membuat pertanggung jawaban seperti halnya dalam penyusunan Laporan Keuangan, Jangan ada yang di tutup tutupi, semua harus full disclosure dalam penyajian laporan, terkait dengan tindak – lanjut temuan tahun 2016 menristekdikti menyampaikan untuk selalu di monitor dengan baik perkembangannya, karena masih ada beberapa temuan yang belum ditindaklanjuti oleh Kemenristekdikti.