Launching Hakteknas 2018 Provinsi Riau

12-02-18 Tri Nugro Susilo 0 comment

Riau – Provinsi RIAU terpilih menjadi tuan rumah Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke -3 pada tahun 2018. Sebelum acara tersebut diselenggarakan , terlebih dahulu diselenggarakan juga acara Launching HAKTENAS yang diselenggarakan pada hari sabtu 11 Februari 2018 di Gedung Daerah Pauh Panggi Kompleks Gubernuran Provinsi RIAU.

Untitled4

Launching Hakteknas ini dihadiri Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek-Dikti) RI Mohammad Nasir dan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman. Hakteknas tahun ini Kemenristekdikti mengambil tema “Inovasi untuk Kemandirian Pangan dan Industri” dengan sub tema “Sektor Pangan dan Energi di Era Revolusi Industri 4.0”, serta tagline “Inovasi Membangun Negeri”.

Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) merupakan tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia yang dirintis dengan adanya penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada tanggal 10 Agustus 1995. Pesawat tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia telah berhasil menumbuhkan inovasi dan jiwa mengembangkan iptek nasional, oleh karena itu merupakan hal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional, sebagai suatu bentuk komitmen dalam mewujudkan kemajuan Teknologi dan Inovasi di Indonesia.


test6

Dalam sambutan nya Mohammad Nasir menyampaikan bahwa, “HAKTENAK merupakan suatu momentum yang sangat penting terkait dengan INOVASI, negara yang menang adalah negara yang selalu menyelenggarakan inovasi yang membuat maju negara tersebut, inovasi dapat digunakan sebagai kunci utama dalam memenangkan persaingan di era globalisasi “.

Inovasi dalam konteks kemandirian Pangan dan Energi merupakan hal yang sangat penting dan sangat mendesak untuk dilakukan masyarakat harus belajar untuk membuat olahan pangan dengan standar yang baik sehingga dapat memiliki nilai jual bukan hanya nilai jual di tingkat nasional tetapi di tingkat internasional,karena jika hal tersebut dilakukan dengan baik

Dalam revolusi industri yang sedang berlangsung saat ini yaitu Revolusi Industri 4.0 atau “Cyber Physical System” dimana barang – barang yang dijual tidak terlihat lagi secara fisik tetapi ada dalam dunia digital, hal tersebut merupakan bagian dari hasil Inovasi yang merubah proses konvensional yang sudah ada sebelumnya oleh karena itu Inovasi merupakan hal yang sangat penting.(TNS/ITJEN)