Entry Meeting Audit Kinerja di Inspektorat Jenderal

31-10-17 Ranto 0 comment

Entry Meeting 1

Tanggal 31 Oktober 2017, bertempat di ruang rapat lantai 18 Gedung D Kemenristekdikti, Inspektur II bersama tim mengadakan Entry Meeting terkait pemeriksaan Audit Kinerja semester I tahun 2017 di lingkungan Inspektorat Jenderal dan diterima oleh Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti bersama jajarannya.

Tujuan dari audit kinerja ini adalah untuk menilai aspek ekonomis, efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas. Aspek ekonomis adalah aspek kinerja yang berkaitan dengan sumber daya (input), baik dari sisi pengadaannya maupun pemanfaatannya.

Aspek efisiensi adalah aspek kinerja yang berkaitan dengan hasil yang diperoleh (output). Aspek efisiensi berkaitan dengan aspek ekonomis karena untuk menilai kinerja aspek efisiensi tidak cukup jika melihat output-nya saja, tetapi harus dikaitkan dengan sumber daya (input) yang digunakan untuk menghasilkan output tersebut.

Efektifitas adalah aspek kinerja yang berkaitan dengan tingkat pemanfaatan output dalam mencapai tujuan/sasaran yang ditetapkan. Instansi pemerintah dinilai efektif apabila output yang dihasilkannya dapat memenuhi tujuan/sasaran yang ditetapkan. Dengan kata lain, menilai aspek efektifitas pada audit kinerja berarti menilai outcome dari output dalam pencapaian tujuan/sasaran yang ditetapkan. (Rnt/itjen)