Pelaksanaan Survey Internal Kapasitas Organisasi Reformasi Birokrasi di Kemenristekdikti

19-09-17 Yanuar Anggara 0 comment

DSC05902

Selasa (19/9/2017) Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menerima kunjungan Tim Reformasi Birokrasi (RB) di ruang Auditorium Gedung D lt. 2 Kemenristekdikti – Jln. Pintu Satu Senayan – Jakarta. Dalam kunjungan Tim RB dipimpin oleh ibu Ngadimah sebagai super visor dari Menpan RB. Sedangkan dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi hadir Sekretaris Jenderal, Dirjen Kelembagaan, Inspektur Jenderal, Penanggungjawab 8 (delapan) area perubahan di Kemenristekdikti serta 100 peserta survei Internal Kapasitas Organisasi Reformasi Birokrasi.

DSC05896

Kunjungan Tim RB ke Kemenristekdikti ini adalah dalam rangka mengevaluasi tingkat kemajuan pelaksanaan RB di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sebagaimana diketahui pelaksanaan program Reformasi Birokrasi dan pelaksanaannnya akan terus dievaluasi oleh Tim RB. Tujuan evaluasi ini, disamping untuk memastikan bahwa RB benar-benar telah dilaksanakan sebagaimana mestinya juga dimaksudkan sebagai landasan dalam mengambil keputusan dalam hal reward, dan punishment. Apabila hasil evaluasi menunjukkan kemajuan dari posisi sebelumnya, tentu reward akan disesuaikan dan demikian pula sebaliknya.

Keberhasilan reformasi birokrasi tidak sebatas tersedianya berbagai macam ketentuan peraturan atau dokumen saja, tetapi, harus ada hasil nyata yang dapat dirasakan oleh stakeholders penerima manfaat pelayanan, baik itu oleh kementerian, lembaga, maupun oleh masyarakat.