Peringatan Lahirnya Pancasila “Kita Indonesia – Kita Pancasila”

01-06-17 Ranto 0 comment

upcara1

Jakarta (1/6/2017). Dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni maka sejumlah  pejabat dan para pegawai dari 4 (empat) instansi pemerintah di lingkungan BPPT yakni ( Kemenko Maritim, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, BPPT dan BSN) melaksanakan upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di lapangan upacara lantai 3 Gedung BPPT di jalan M.H. Thamrin Jakarta.

Upacara kali ini mengusung tema “Saya Indonesia dan saya Pancasila” hal ini menanggapi berbagai isu yang merebak di kalangan masyarakat Indonesia, baik isu perekonomian, budaya, dan sebagainya. Jadi mengapa isu ini begitu heboh ditanggapi oleh masyarakat luas? Ini dikarenakan beberapa faktor, yang pertama masyarakat di Indonesia adalah masyarakat yang heterogen, sehingga dimana ada isu SARA, yang terlibat di dalamnya pasti ada berbagai suku, ras, dan agama dan pastinya akan menarik banyak perhatian dari masyarakat.

Faktor berikutnya adalah pola pikir, ada baiknya dalam menyikapi isu-isu yang sedang berkembang kita menelaah terlebih dahulu kebenarannya, apakah itu hoax ataukah itu fakta, dan jangan mudah terprovokasi oleh isu tersebut, tanggapilah dengan bijak setiap isu yang beredar agar tidak terjadi permusuhan antar ras, suku, dan agama. Ingatlah kita adalah bangsa Indonesia yang merupakan penjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila, tiap bulir yang terkandung di dalamnya merupakan landasan hidup dalam berbangsa sebagai bangsa Indonesia yang wajib dianut oleh rakyat Indonesia. (Rnt/Itjen)