PENGUATAN PERAN PEGAWASAN SPI DAN PENINGKATAN KINERJA KOPERTIS

19-04-17 Ranto 0 comment

kopertis8

(Jayapura, 18/4/2017). Berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Forum Komunikasi SPI se-Indonesia ke III yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari dari tanggal 18 s.d 20 April 2017 di Grand ABE Hotel, Jalan Raya Abepura, Jayapura, Papua. Rapat koordinasi kali ini adalah menindak lanjuti hasil Rapat Koordinasi (RAKOR) Forum Komunikasi  SPI Kopertis se-Indonesia I tahun 2015di Jakarta, 11-12 Maret 2015 dan RAKOR Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia II tahun 2016 di Ambon, 24-26 Februari 2016.

RAKOR Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia III di Jayapura, Papua, 18-20 April 2017 dapat lebih mengimplementasikan rekomendasi RAKOR I dan II,  sehingga dapat menjadikan Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia menjadi wadah pertukaran gagasan dan pengalaman baik antar Pengurus SPI Kopertis se-Indonesia dalam melaksanakan tugas pengawasan intern di masing-masing Kopertis sehingga secara internal dapat meningkatkan kompetensi dan integritas para anggotanya dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan dan secara eksternal dapat membantu Pimpinan Kopertis dalam mengawasi Kebijakan dan Program Kerja agar taat asas, efisiensi dan efektif di setiap Tahun Anggaran serta dapat membantu tugas-tugas Inspektorat Jenderal untuk ikut  mewujudkan Laporan Keuangan Kementerian Riset, Teknologi Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Kopertis1

Rapat Koordinasi Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia III tahun 2017 sebanyak 30 orang terdiri dari : 14 orang Ketua dan 14 orang Sekretaris SPI Kopertis I – XIV serta Pengurus Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia periode 2014 – 2017 (1 orang). Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan Rapat koordinasi Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia diantaranya Prof. Jamal Wiwoho, SH. Hum (Inspektur Jenderal Kemenristekdikti), Dr. Yusrial Bachtiar, Ak. MM (Sekretaris Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti) dan Dr. Yohanes Indrayono (Inspektur III Kemenristekdikti) serta narasumber dari kopertis.

Rakor ini merumuskan rekomendasi agar dapat memfungsikan Forum Komunikasi SPI Kopertis sebagai forum pertukaran gagasan dan pengalaman baik antar Pengurus SPI untuk meningkatkan Kompetensi dan Integritas anggotanya serta kualitas manajemen organisasinya, sehingga mampu mendukung Pimpinan Kopertis agar taat asas, efisiensi dan efektif dalam pengelolaan Anggaran Negara.

Rakor ini  juga merumuskan rekomendasi agar Forum Komunikasi SPI Kopertis yang dapat membantu Pimpinan Kopertis mengoptimalkan fungsi pembinaan substansi pengawasan intern terhadap SPI sehingga pelaksanaan pengawasan intern di lingkungan Kopertis berlangsung dengan benar dan baik.

Serta rakor ini merumuskan rekomendasi agar dapat memfungsikan Forum Komunikasi SPI Kopertis sebagai forum yang dapat membantu mengoptimalkan  tugas Inspektorat Jenderal Kemristekdikti dalam melaksanakan fungsi pembinaan teknis pengawasan intern terhadap SPI melalui sinergi pengawasan di lingkungan Kopertis guna ikut mendorong terwujudnya Laporan Keuangan Kemristekdikti Tahun Anggaran 2017 menjadi Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). (Rnt/Itjen)