Forum SPI Nasional III tahun 2017 di Jayapura

19-04-17 Ranto 0 comment

Poto Papua1

(Jayapura, 19/4/2017) Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) semakin lama semakin strategis dan bergerak mengikuti kebutuhan zaman. APIP diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah pada layanan instansi pemerintah. APIP sebagai pengawas intern pemerintah merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) yang mengarah pada pemerintahan/birokrasi yang  bersih (clean govermment).

Untuk mencapai tujuan di atas, maka perlu untuk melaksanakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan kapasitas auditor internal, salah satunya adalah kegiatan forum Satuan Pengawas Internal tahun 2017 di Universitas Cenderawasih kota Jayapura. forum ini dapat dijadikan sarana pertukaran gagasan dan pengalaman antar pengurus SPI untuk meningkatkan peran SPI dalam melakukan pengawasan internal di masing-masing satuan kerja, serta dapat membantu Pimpinan Perguruan Tinggi dalam mewujudkan tugas pembinaan untuk pengawasan, sehingga SPI dapat melaksanakan pengawasan internal secara efisien dan efektif. Selain itu forum ini diupayakan untuk dapat membantu tugas-tugas Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam melaksanakan tugas pembinaan teknis pengawasan internal terhadap SPI melalui rapat koordinasi untuk memperkuat sinergi pengawasan dalam rangka peningkatan profesionalisme anggota SPI.

Kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari dari tanggal 19-21 April 2017 di Hotel Aston kota Jayapura. Acara Forum SPI Nasional III secara resmi di buka oleh Rektor Universitas Cenderawasih Dr. Onesimus Sahuleka dan dilanjutkan arahan serta penyampaian paparan dari Inspektur Jenderal Kemenristekdikti.

Papua2

Dalam sambutannya Dr. Onesimus Sahuleka mengucapkan banyak terimakasih karena telah mempercayai Universitas Cenderawasih sebagai tuan rumah dalam Forum SPI Nasional III. Kegiatan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi institusi kami untuk mensosialisasikan peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam peningkatan kinerja perguruan tinggi.

Di acara pembukaan tersebut juga di kumandangkan Himne SPI PTN Indonesia untuk yang pertama kalinya yang diciptakan oleh Dr. Witarsa, M, Si dari Universitas Tanjungpura  serta pengukuhan Prof. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum  (Irjen Kemenristekdikti) sebagai Bapak Lentera Satuan Pengawas Internal yang dikukuhkan oleh Rektor Universitas Cenderawasih. (Rnt/Itjen)