Projek Perubahan Pengawasan Atas Reviu Laporan Keuangan

10-04-17 Ranto 0 comment

rame2

Bekasi (10/4/2017). Dalam rangka menggagas proyek perubahan khususnya dalam pelaksanaan monitoring dan informasi pengawasan atas reviu laporan keuangan yang digagas oleh Mohamad Hardi, Ak. MProf Acc. (Inspektur I) di hotel Amaroossa Bekasi selama 3 (tiga hari) dari tanggal 10 s/d 12 April 2017. kegiatan kali ini dengan mengundang para narasumber dari Pusinfowas BPKP, narsum dari UNS bapak Dr. Bandi dan acara secara resmi di buka oleh Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Prof. Dr. Jamal Wiwoho,SH., M.Hum sekaligus memberikan arahan terkait kebijakan “Peningkatan Peran SPI dalam rangka Penguatan Pengawasan PTN”.

pak hardi

Kegiatan ini adalah tujuannya utamanya adalah untuk merancang dan membuat aplikasi sistem informasi pengawasan berbasis website terkait laporan keuangan. Sebagaimana kegiatan berbasis aplikasi seperti e-audit juga sudah dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk diterapkan di semua lembaga negara dan institusi pemerintah.

Wacana penerapan e-audit ini dilatarbelakangi dengan peningkatan opini audit atas Kementerian/Lembaga, dimana saat ini sudah banyak K/L yang mendapat opini WTP(Wajar Tanpa Perkecualian). Dengan peningkatan opini atas L/K tersebut maka yang menjadi tuntutan saat ini adalah penyusunan L/K yang lebih cepat, efisien, sehingga  proses pemeriksaan atas L/K juga menjadi lebih cepat dengan coverage yang lebih tinggi dan proses lebih transparan.

Projek perubahan dalam pelaksanaan monitoring ini digawangi oleh bapak Inspektur I dengan melibatkan tim programer dari Pusinfowas BPKP dan stekholder dari Inspektorat Jenderal yakni tim perwakilan IT dari Perguruan Tinggi di wilayah inspektorat I. Semoga harapan ini menjadi kenyataan. (Rnt/itjen)