Rapat Tim Mitra Kerja Audit BPK Atas Laporan Keuangan Tahun 2016 Kemenristekdikti

15-03-17 Ranto 0 comment

Mitrakerja BPK 01

Telah dilaksanakan rapat koordinasi Mitra Kerja Audit BPK Atas Laporan Keuangan tahun 2016 pada hari Selasa, 14  Maret 2017 di ruang rapat lt. 18 Gedung D Kemenristekdikti. Tim mitra kerja audit BPK mempunyai tugas untuk melakukan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan audit laporan keuangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun 2016 serta mengupayakan penyelesaian permasalahan yang ditemukan dalam audit laporan keuangan Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Hadir dalam rapat perdana kali ini adalah Prof. Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A (Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti), Prof. Jamal Wiwoho, S.H. M.Hum (Inspektur Jenderal Kemenristekdikti), para pejabat eselon II di Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti, para Sesdirjen dari masing2 unit utama dan Kepala Biro Umum dan Keuangan serta beberapa orang perwakilan auditor.

Mitra BPK 3

Dalam arahannya Prof. Ainun menjelaskan beberapa hal terkait tindaklanjut temuan BPK diantaranya :   1). Perlunya di cek data-data temuan BPK; 2). Auditor diminta cepat menyerahkan data-data temuan; 3). Agar dirjen mengecek di unit2 terkait data temuan; 4). Perhatikan pos2 yang punya resiko tinggi (kas, piutang, persediaan, aset tetap, tanah, belanja negara, PNBP); 5). Penerepana sistem akuntasi berbasis akrual.

Dalam kesempatan yang sama Prof. Jamal Wiwoho, S.H. M.Hum juga menyampaikan beberapa point  diantaranya : 1). Perlu adanya persamaan persepsi satker-satker di bawah Kemenristekdikti; 2). Peran Biro Keuangan berpengaruh terhadap saldo awal dan saldo akhir; 3). Tanpa menunggu SK  (dibawah kendali ketua) diharapkan kegiatan dapat berjalan baik.

Rapat lanjutan akan dilaksanakan minggu depan dan diharapkan sudah ada klarifikasi temuan2 dari satker-satker (Rnt/Itjen)