Pengawasan Kinerja di Universitas Tidar Magelang

14-03-17 Ranto 0 comment

UNTIDAR Dies

Sesuai Surat Tugas No.  423/G.G3/ST/ 2017 tanggal 6 Maret 2017, Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti melaksanakan Audit Kinerja di Universitas Tidar (Untidar) Magelang. Audit Kinerja dilaksanakan oleh tim gabungan Inspektorat Jenderal dan Satuan Pengawas Internal (SPI), terdiri atas Pengendali Teknis (Rahmatin Al Baroroh), Ketua Tim (Sari Ustika Dewi), dan Anggota (Imam Mulyono, Nurrama Dhania, M. Ikbal, dan Ghita Arrasy).

Untidar merupakan Perguruan Tinggi Negeri yang ditetapkan berdasarkan Perpres No. 23 Tahun 2014 pada tanggal 1 April 2014. Sebelumnya Untidar bernama Universitas Tidar Magelang (UTM) yang didirikan berdasarkan Keputusan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V Nomor 032/SK/Kpts/VII/1979.

Pada saat pendiriannya, Untidar terdiri dari lima fakultas yaitu, Fakultas Ekonomi; Fakultas Sastra dan Kebudayaan; Fakultas Teknik; Fakultas Pertanian; serta Fakultas Sosial Politik.

Tujuan audit kinerja adalah untuk menilai aspek ekonomis, efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas Untidar. Aspek ekonomis adalah aspek yang berkaitan dengan sumber daya (input); aspek efisiensi adalah aspek yang berkaitan dengan hasil yang diperoleh (output), dan; aspek efektifitas adalah aspek yang berkaitan dengan tingkat pemanfaatan output dalam mencapai tujuan/sasaran yang ditetapkan.

Pelaksanaan audit kinerja di Untidar secara garis besar mengacu pada pengertian di atas dengan menekankan pada empat hal, yaitu pelaksanaan tugas dan fungsi, keuangan, sumberdaya manusia, dan sarana prasarana.

Pelaksanaan audit kinerja di Universitas Tidar yang berlangsung pada tanggal 7-17 Maret 2017, berbarengan juga dengan acara Dies Natalis ke-3 Universitas Tidar, tanggal 1 April. Rangkaian acara Dies Untidar ke-3, yang dilaksanakan tanggal 12 Maret – 1 April 2017, mempunyai tema “Inovatif, Produktif dan Akseleratif Membangun UNTIDAR Berprestasi”. Acara tersebut antara lain dimeriahkan dengan senam massal, upacara pembukaan Dies Natalis ke-3, jalan santai, dan kegiatan donor darah. Kegiatan yang dilakukan tanggal 12 Maret 2017 tersebut mendapat partisipasi seluruh Dosen, Karyawan, dan mahasiswa Untidar, maupun masyarakat di sekitar kampus Untidar. (insp2-itjen).