Pelaksanaan Rapat Koordinasi Dewas PT BLU

03-03-17 Ranto 0 comment

dewas1

Berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Dewan Pengawas Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum yang berlangsung pada tanggal (2 Maret 2017) di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Acara di hadiri oleh ketua, sekretaris dan anggota dari Dewan Pengawas Pengawas dari PTN BLU. Acara secara resmi di buka oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Prof. Dr. M. Nasir) dan sekaligus memberikan arahannya.

Perguruan Tinggi Negeri pada Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi memiliki tiga bentuk pengelolaan yaitu: PTN Satker, PTN BLU, dan PTN BH (Badan Hukum). Kondisi ini membuat PTN BLU seakan-akan hanyalah bentuk sementara antara PTN Satker dan PTN BH. Masing-masing bentuk tersebut memiliki perbedaan khususnya dalam pengelolaan keuangan. Selain perbedaan pengelolaan keuangan, terdapat juga perbedaan organisasi PTN tersebut. PTN BLU yang memiliki Dewan Pengawas yang tidak dimiliki oleh bentuk lain.

Dewan pengawas sebenarnya tidak hanya bertugas mengawasi bidang keuangan saja, tetapi mengawasi kinerja BLU secara umum dan memberikan laporan kepada menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, dan menteri keuangan. Hal ini membuat peran Dewan Pengawas menjadi sangat penting dan strategis. Namun demikian fungsi, tugas, wewenang, dan tanggungjawab dewan pengawas masih kurang dipahami baik oleh Dewan Pengawas itu sendiri maupun oleh pejabat pengelola PTN BLU. Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum terbentuk memiliki Dewan Pengawas Berdasarkan PMK Nomor 95/PMK.05/2016 setiap BLU. Dewan Pengawas ini terdiri atas unsur Kementerian Keuangan, Kementerian Teknis, dan Tenga Ahli. Namun demikian masih banyak BLU maupun Dewan Pengawas yang sulit memposisikan dengan tepat tugas dan fungsi jabatan ini. Hal ini membuat perlunya rapat koordinasi terkait dengan PTN BLU yang belum pernah dilakukan sejak PTN BLU berpindah di bawah Kemenristekdikti dari Kemendikbud.

Dalam acara rapat koordinasi Dewas juga dihadiri oleh Direktur PK BLU (Drs. Djoko Hendratto), Anggota III BPK RI (Prof. Dr. Eddy Mulyadi Soepardi) dan Prof. Dr. dr. Respati Drajat (selaku Dewas UNS) dan acara secara resmi di tutup oleh Inspektur Jenderal Kemenristekdikti. (Rnt/Itjen)