Rakorwas Bersama Inspektorat Jenderal dengan BPKP Tahap I

28-02-17 Ranto 0 comment

IMG-20170228-WA0013

 

(Solo 27/2/2017) Berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan Bersama Inspektorat Jenderal Kementerian  Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan  yang di laksanakan di Hotel Lor In Solo selama 3 (tiga) hari. Kegiatan berlangsung dari tanggal 27 Februari sampai dengan tanggal 1 Maret 2017. Acara dihadiri oleh perwakilan BPKP pusat  sebanyak 4 orang dan BPKP daerah sebanyak 65 orang, anggota SPI dengan SK Itjen sebanyak 78 orang dan peserta dari Sekretariat Inspektorat Jenderal Kementerian, Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebanyak 72 orang. Acara secara resmi dibuka oleh Prof. Dr. Jamal Wiwoho, M.Hum,  selaku Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti dan sekaligus memberikan arahan. Dalam arahannya beliau mengatakan “bahwa kerjasama Itjen Kemenristekdikti bersama BPKP adalah tindaklanjut dari MoU Kemenristekdikti dengan BPKP di bidang pengawasan, dan kerjasama dalam pengawasan ini tujuannya bukan mencari kesalahan dan temuan sebanyak-banyaknya namun lebih mengedepankan katasilator, pendampingan terhadap satker-satker di bawah Kementerian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi” ujarnya.

Fungsi Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai lembaga pengawasan membutuhkan banyak kerjasama dengan lembaga-lembaga lain, salah satunya adalah BPKP. Pada awal tahun 2017, Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melaksanakan Rakor Pengawasan bersama BPKP Tahap I. Adapun agenda dan Narasumber dalam acara tersebut diantaranya:

  1. Mekanisme Penugasan dan Penetapa Sasaran ATT: BOPTN, BPP PTN BH dan Bea Siswa Mahasiswa oleh Inspektur III
  2. Permasalahan Bea Siswa Mahasiswa oleh Inspektur I dan Direktorat Jenderal Belmawa
  3. Permasalahan BOPTN dan BPP PTN BH oleh Biro Perencanaan dan Inspektur II
  4. Panduan ATT BOPTN dan BPP PTN BH dan Panduan ATT Bea Siswa Mahasiswa oleh Direktur + Kasubdit + Auditor Deputi PIP Polhukam PMK dengan pembahas Inspektur I dan III
  5. Penyusunan RAB masing-masing Perwakilan oleh Para Perwakilan BPKP
  6. Finalisasi Sasaran, RAB, dan Diskusi oleh Direktur + Kasubdit + Auditor Deputi PIP Polhukam PMK .

Rapat koordinasi pengawasan Itjen Kemenristekdikti bersama BPKP secara resmi di tutup oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Polhukam Dr. Binsar H. Simanjuntak. Rapat koordinasi menyimpulkan bahwa Pengawasan bersama Inspektorat Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dengan BPKP tahun 2017 meliputi pelaksanaan pengawasan BOPTN DAN BPPTN-BH, Beasiswa Mahasiswa, Tunjangan Sertifikasi Dosen dan Guru Besar, Taman Sains, PTN BLU, Tunggakan Pembayaran, Aset Penyusunan Pedoman/Panduan yang meliputi Pedoman atas Audit yang Dikerjasamakan, Pedoman Monitoring SPIP, Pedoman Evaluasi Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi dan Pedoman Pengawasan lainnya. Pengawasan Bersama Tahap I akan dimulai pada awal Maret dengan dua agenda utama pengawasan yaitu BOPTN dan BP PTN-BH dan Bea Siswa Mahasiswa. (rnt/itjen)