Penyerahan Pertama Pekerjaan Pembangunan Rumah Rumah Sakit UNS

25-04-16 Ranto 0 comment

UNS

Sejak tahun 2014, Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melaksanakan pembangunan rumah sakit UNS. RS UNS didirikan di Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo. Menurut penjelasan PPK Pembangunan RS UNS, Ahmad Farkhan, pembangunan rumah sakit berlantai tujuh ini berdiri di lahan seluas kurang lebih 5.000 meter persegi, dengan kapasitas 200 kamar tidur.  Bangunan rumah sakit kurang lebih 2500 meter persegi.

Ahmad Farkhan menambahkan, pendanaan pembangunan RS UNS berasal dari pemerintah, Saudi Fund of Development (SFD), dan Islamic Development Bank (IDB).
Rumah Sakit UNS direncanakan tergolong kelas B dan akan melengkapi fasilitas layanan rumah sakit di Solo dan sekitarnya. Di daerah Pabelan sudah berdiri dua rumah sakit lainnya yakni Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R Soeharso dan Rumah Sakit Islam Yarsi.

Dalam pengarahannya, Rektor UNS, Prof. Dr. Ravik Karsidi menjelaskan RS UNS selain memberikan layanan kesehatan, juga sekaligus menjalankan fungsi untuk pendidikan dan penelitian. Menurut Rektor UNS, rumah sakit diharapkan dapat beroperasi pada tahun ini.

Itjen Kementerian Ristek dan Dikti, yang diwakili Inspektorat II, dalam undangan ‘Serah Terima I Pekerjaan Pembangunan Rumah Sakit UNS’ menekankan agar semua fasilitas di RS UNS berfungsi dengan baik, sehingga perlu dilakukan pengujian fasilitas mechanical engineering, maupun pengujian safety equipment. Dalam kegiatan ini, Rektor UNS juga mengemukakan perlunya penghijauan di sekitar RS UNS. (insp2-itjen).