Penyelesaian Fasilitas Pendidikan Politeknik Negeri Madura di Sampang

12-04-16 Ranto 0 comment

Politera

 

Sesuai Peraturan Presiden No. 10 Tahun 2016, Politeknik Negeri Madura (Poltera) merupakan salah satu dari 35 yang telah ditetapkan menjadi perguruan tinggi negeri baru (PTN Baru). Sebagian besar PTN Baru ini semula berasal dari perguruan tinggi swasta. Poltera berdiri tahun 2012 atas prakarsa Yayasan Bina Sampang Mandiri, dan selanjutnya melalui Keputusan Mendiknas No. 67 Tahun 2012 dikukuhkan menjadi perguruan tinggi. Pada tahun akademik 2015/2016, Poltera memiliki tiga program studi, yaitu Teknik Listrik Industri, Teknik Mesin Alat Berat, dan Teknik Bangunan Kapal. Total mahasiswa 251 orang, dengan didukung 19 dosen, dan 13 orang staff tenaga kependidikan.

Sejak tahun 2012, Poltera menyelenggarakan kegiatan akademik dan non akademik dengan meminjam gedung milik Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Gedung perkuliahan dan fasilitas akademik Poltera yang berlokasi di Camplong, Kabupaten Sampang masih dalam proses penyelesaian pembangunan. Menurut penjelasan, Direktur Poltera, Achmad Ansori, dalam pertengahan tahun 2016, Poltera berencana memanfaatkan fasilitas gedung yang ada untuk kegiatan perkuliahan.

Saat ini, fasilitas gedung Poltera yang dapat dipergunakan untuk kegiatan perkuliahan adalah satu gedung perkuliahan prodi Teknik Listrik Industri yang terdiri dari tiga lantai, dan satu gedung bengkel prodi Teknik Bangunan Kapal. Namun demikian Tim Inspektorat II, Itjen Kementerian Ristek dan Dikti, dibantu Satuan Pengawas Internal (SPI), M. Ishak, dan Dr. I Made Gede Arimbawa, mendapatkan fasilitas ini masih memerlukan perbaikan dan penyempurnaan. Beberapa catatan dari kegiatan reviu pekerjaan terhutang di Poltera pada tanggal 28 Maret – 1 April, antara lain, kebersihan gedung, pengujian fasilitas mechanical engineering, pengujian safety equipment, kebocoran atap, pengerjaan atap, masih perlu dilakukan sebelum penyerahan ke Poltera. Fasilitas gedung perkuliahan prodi Teknik Mesin Alat Berat masih dalam tahap penyelesaian dari tiga lantai. Pada tahun 2016, Poltera merencanakan menyelesaikan gedung prodi Teknik Mesin Alat Berat, dan penyelesaian gedung bengkel prodi Teknik Listrik Industri. (insp2-itjen).