Tingkatkan Daya Serap

05-04-16 Wirawan Adhie Pamungkas 0 comment

peningkatan kapasitas

Jakarta, Lebih dari 250 Peserta dari Satuan Pengawas Internal Perguruan Tinggi Negeri dan Kopertis menghadiri kegiatan Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawas Internal yang berlangsung di Lantai 3, Gedung II BPPT dengan narasumber yang berasal dari BPK, Inspektorat Jenderal,  dan Biro Perencanaan Kemenristekdikti. Pertemuan ini membahas mengenai persiapan untuk kegiatan Reviu Laporan Realisasi Anggaran Triwulan I dan Pengadaan Barang/Jasa Tahun 2016 di lingkungan Kemenristekdikti yang direncanakan berlangsung pada tanggal 4 – 10 April 2016 (31/03).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Inspektur Jenderal Kemenristekdikti, Bapak Jamal Wiwoho. Dalam pembukaan kegiatan yang berlangsung pada tanggal 31 Maret hingga 2 April 2016 ini, Jamal mengatakan bahwa salah satu alasan rendahnya daya serap karena kurangnya pengawasan terhadap pelaksanaan serapan anggaran. “Seperti yang kita ketahui, serapan anggaran pada Perguruan Tinggi Negeri ataupun Satuan Kerja lainnya dirasa masih cukup rendah dan hal ini terjadi berulangkali”, ucapnya. “Rendahnya daya serap ini juga bisa terjadi karena kurangnya pengawasan oleh Aparat Pengawas Internal. Maka dari itu peningkatan kapasitas dalam bidang pengawasan sangat penting untuk dilakukan”, beliau menambahkan.

Diharapkan setelah kegiatan ini, SPI dapat melakukan pengawasan secara simultan guna meningkatkan daya serap di Satuan Kerja masing-masing. (wap/itjen)



Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.