Kita Perkuat Pengawasan Intern

01-03-16 Wirawan Adhie Pamungkas 0 comment

P

Ambon, Inspektur Jenderal Kemenristekdikti memberikan sambutan dan sekaligus pembukaan dalam acara Rakor Pengawasan “Penguatan Peran SPI dan Peingkatan Kinerja Kopertis” yang diselenggarakan di Ambon 25-26 Februari 2016.

Dalam sambutan menjelaskan bahwa Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2011 tentang Satuan pengawas Intern (SPI) dilingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang di maksud dengan Pengawasan Internal adalah seluruh proses kegiatan audit, reviu, evaluasi, pemantuan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi yag bertujuan untuk mengendalikan kegiatan, mengamankan harta dan aset, terselenggaranya laporan keuangan yang baik, meningkatkan efektivitas dan efisiensi, dan mendeteksi secara dini terjadinya penyimpangan dan ketidakpatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan. Untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan Satuan Pengawas Intern (SPI) untuk membantu terselenggaranya pengawasan terhadap pelaksanaan tugas unit kerja dilingkungan kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta wilayah I – XIV.

Adapun fungsi satuan Pengawas Intern (SPI) adalah menyusun program-program pengawasan terhadap kebijakan dan program pengelolaan kepegawaian, keuangan dan barang milik negara, tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal, pendampingan dan reviu laporan keuangan, pemberian saran dan rekomendasi, laporan hasil pengawasan dan pelaksanaan evaluasi hasil pengawasan. SPI sebagai instrument di Inspektorat Jenderal yang terdiri dari 150 Satker.

Forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia 2014-2016 sudah terbentuk melalui Rapat Koordinasi Ketua SPI Kopertis se-Indonesia. Kami berharap outputnya bisa meneguhkan dan menguatkan hasil-hasil yang ada pada Rapat Koordinasi yang diselenggrakan pada tanggal 8 – 9 Nopember 2013 di Ancol serta Rapat Koordinasi forum Komunikasi SPI Kopertis se-Indonesia tanggal 11-12 Maret 2015 juga di Jakarta.

Diakhir sambutannya Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti berharap agar Forum Komunikasi SPI Kopertis ini dapat menjadi :

  1. Forum pertukaran gagasan dan pengalaman antar pengurus SPI untuk meningkatkan peran SPI Kopertis dalam melakukan Pengawasan Intern di masing-masing Kopertis
  2. Forum yang dapat membantu Pimpinan Kopertis dalam mewujudkan tugas pembinaan subtansi pengawasan sehingga SPI dapat melaksanakan pengawasan intern secara efisien dan efektif (pasal 10 aayat 3 Permendiknas No. 47/2011)
  3. Forum yang dapat membantu tugas-tugas Inspektorat Jenderal Kemenristekdikti dalam melaksanakan tugas pembinaan teknis pengawasan intern terhadap SPI melalui rapat koordinasi untuk memperkuat sinergi pengawasan dalam rangka peningkatan profesionalisme anggoat SPI Kopertis se-Indonesia (pasal 10 ayat 1 Permendilknas No. 47/2011). (rnt/ijn)


Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.