Berdayakan Satuan Pengawas Internal

01-03-16 Wirawan Adhie Pamungkas 0 comment

Pembukaan Irjen Hotel Puri Denpasar

Jakarta, Inspektur Jenderal Kemenristekdikti Prof. Jamal Wiwoho, SH., M.Hum membuka sekaligus memberikan paparan dalam kegiatan Pembekalan Peningkatan Kapasitas Aparat Pengawasan Internal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang berlangsung dari tanggal 25 – 27 Februari 2016.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat di lingkungan Inspektorat Jenderal dan undangan dari anggota SPI sebanyak 75 orang dari 76 anggota SPI terpilih.

Acara diawali dengan laporan ketua panitia, Kabag Hukum dan Umum Dr. Djaswadin dan dilanjutkan dengan pembukaan dan arahan dari Inspektur Jenderal Kemenristekdikti. Dalam arahannya Prof. Jamal Wiwoho, SH. M.Hum menyampaikan bahwa fungsi satuan Pengawas Intern (SPI) adalah menyusun program-program pengawasan terhadap kebijakan dan program pengelolaan kepegawaian, keuangan dan barang milik negara, tindak lanjut hasil pemeriksaan internal dan eksternal, pendampingan dan reviu laporan keuangan, pemberian saran dan rekomendasi, laporan hasil pengawasan dan pelaksanaan evaluasi hasil pengawasan. SPI sebagai instrument di Inspektorat Jenderal yang terdiri dari 150 Satker.

Pada tataran berikutnya Inspektorat Jenderal memberdayakan personal-personal SPI yang dilibatkan dalam kegiatan pengawasan yang diberikan Inspektorat Jenderal. Oleh karena itu diharapkan personal-personal tersebut mampu dan bisa bekerjasama dengan baik. Anggota SPI terpilih menjadi wajah dari Inspektorat Jenderal yang dikirim ke daerah-daerah. Karena 76 personal SPI yang direkrut, kami beranggapan bahwa mereka yang terbaik dari 350 calon yang mendaftarkan/mengikuti seleksi SPI. (rnt/itjen)



Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.